tips pencegahan kifosis


Kelainan bentuk tulang belakang ini dapat terjadi dalam beberapa bentuk dan pengobatan tergantung pada penyebab kondisi serta keparahan gejala.

Berikut ini adalah penyebab dan pilihan pengobatan kifosis yang disarankan oleh Artria:

Kyphosis terkait osteoporosis .

Penyebab paling umum dari kyphosis pada orang dewasa adalah dari patah tulang belakang karena osteoporosis. Ini bisa terjadi pada pria dan wanita, tetapi lebih sering terjadi pada wanita daripada pria. 2 Ketika osteoporosis melemahkan tulang vertebral di tulang belakang, vertebra rentan terhadap fraktur yang biasanya terjadi dalam bentuk irisan - dengan bagian depan vertebra runtuh dan kehilangan ketinggiannya dan bagian belakang tulang belakang mempertahankan ketinggiannya. Ketika bagian depan tulang dihancurkan, bagian tulang belakang itu mengarah ke depan, menghasilkan kurva kyphotic yang berlebihan dan postur bungkuk ke depan. Pengobatan biasanya akan mengatasi osteoporosis yang mendasarinya (untuk mencegah patah tulang di masa depan) serta pengurangan rasa sakit dan mungkinperbaikan fraktur bedah .

Kyphosis bawaan .

Bentuk kyphosis ini biasanya muncul pada bayi dan anak kecil, karena malformasi tulang belakang di dalam rahim. Tidak seperti bentuk lain dari kyphosis, bentuk ini paling sering membutuhkan pembedahan (pada usia muda) untuk meluruskan tulang belakang dan mencegah perkembangan kelainan bentuk.

Kyphosis degeneratif .

Bentuk kelainan bentuk ini berkembang karena keausan pada tulang belakang dari waktu ke waktu. Penyebab mendasar dari kyphosis biasanya adalah arthritis tulang belakang dengan degenerasi cakram . Perawatan non-bedah, seperti obat penghilang rasa sakit, olahraga dan terapi fisik biasanya merupakan perawatan yang bermanfaat untuk rasa sakit. Pembedahan mungkin menjadi pilihan, tetapi tidak umum untuk diagnosis ini.
Kyphosis neuromuskuler . Bentuk kelainan bentuk ini dapat terjadi pada anak-anak dengan kelainan neuromuskuler tertentu, seperti cerebral palsy, spina bifida, atau distrofi otot. Pembedahan bisa menjadi pilihan untuk meningkatkan kualitas hidup.
Kyphosis nutrisi . Kondisi ini disebabkan oleh kekurangan vitamin tertentu selama masa kanak-kanak, seperti kekurangan vitamin D.

Kyphosis postural .

Bentuk kyphosis ini disebabkan oleh postur yang buruk dan membungkuk. Ini terjadi pada pasien muda dan tua, lebih menonjol pada wanita daripada pria, dan jarang menyebabkan rasa sakit. Latihan untuk memperkuat otot perut dan punggung dapat membantu memperbaiki kyphosis dari postur yang buruk dan mempertahankan keselarasan yang lebih normal.
Penyakit Scheuermann . Diperkirakan bahwa 4 hingga 8% populasi umum mungkin menderita kyphosis Scheuermann. 3Kondisi ini terjadi pada remaja karena pertumbuhan tulang belakang dan cakram yang tidak normal. Ini mungkin menjadi bukti klinis pada remaja atau orang dewasa, dan lebih sering terjadi pada pria. Pasien biasanya juga mengalami skoliosis ringan. Kondisi ini biasanya diobati dengan brace, olahraga, dan terapi fisik. Kawat gigi diindikasikan jika pasien masih tumbuh dan memiliki kyphosis sedang hingga berat dengan kurva 45 derajat atau lebih dan mungkin memiliki efek korektif jangka panjang. Memperkuat pada orang dewasa untuk kondisi ini jarang terjadi, dengan tujuan mengendalikan rasa sakit, tidak memperbaiki kyphosis. Latihan khusus dapat direkomendasikan untuk memperkuat otot perut dan meningkatkan fleksibilitas tulang belakang. Pembedahan mungkin diperlukan untuk kurva yang menyakitkan yang lebih besar dari 70 derajat atau progresif.

Kyphosis traumatis .

Ini dapat terjadi dari penyembuhan yang tidak selaras dari patah tulang belakang atau cedera pada ligamen pendukung tulang belakang.
Kyphosis iatrogenik . "Iatrogenik" berarti "sebagai hasil dari intervensi medis," dan mengacu pada kyphosis yang berkembang sebagai komplikasi dari perawatan bedah tulang belakang. Kyphosis pasca-laminektomi adalah jenis yang paling umum dari kyphosis iatrogenik, yang dapat berkembang setelah operasi tulang belakang dekompresi yang membutuhkan pengangkatan elemen posterior tulang belakang (proses spinosus, lamina, dan ligamen intervening), biasanya untuk pengangkatan tumor pada anak-anak dan remaja.

Kunjungi juga:



Subscribe to receive free email updates: